Sabtu, 20 Agustus 2016

Sudahkah Kamu Merdeka?



Halo! Author is back (halah)
 
Sebagai warga negara Indonesia yang baik, dan mekipun sudah telat, saya ucapkan selamat hari kemerdekaan yang ke-71 untuk Indonesia. Semoga Indonesia semakin jaya dan sukses !! (Amin). Masih berkaitan dengan suasana kemerdekaan, kali ini saya akan menyinggung tentang kemerdekaan, yang berasal dari kata ‘merdeka’. Indonesia tentunya sudah merdeka selama 71 tahun lamanya. Namun, selama ini apa kita tahu apa arti merdeka sebenarnya? Seperti apakah merdeka itu? dan apakah kita semua telah benar-benar merdeka?. Well, disini saya bakal bahas arti dari merdeka itu sendiri.  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merdeka adalah “(1) bebas (dari perhambaan, penjajahan, dan sebagainya); (2) berdiri sendiri; tidak terikat, (3) tidak bergantung kepada orang atau pihak tertentu; leluasa”  

Namun selain pengertian diatas, saya mengumpulkan beberapa pengertian merdeka menurut beberapa teman-teman saya yang mungkin bisa mewakili arti merdeka pada khalayak (?) ramai, yaitu:


1. Merdeka Itu Berani Mengemukakan Gagasan dan Idenya untuk Hal-Hal Positif





(Ilustrasi gambar : http://www.ayobuka.com )

Selain merdeka dari penjajahan, merdeka  juga diartikan sebagai kebebasan untuk mengeluarkan pendapat. Sebagai warga negara Indonesia yang menganut paham demokrasi tentunya masyarakat harus bebas mengutarakan ide-ide kreatifnya yang bisa berguna untuk negara. Dengan hal ini seluruh masyarakat merdeka untuk mengemukakan pendapat mereka dalam memberi masukan dan ide-ide cemerlang.


2. Merdeka Itu Bebas Bersikap



 






                                                   ( ilustrasi gambar : http://www.anneahira.com  )

 
 Bebas bersikap dalam hal ini berarti kita bisa menjadi diri sendiri yang kita inginkan. Kemudian kita bisa melakukan segala sesuatu yang kita inginkan tanpa tanpa komando dari orang lain. Selain itu kita bisa mengekspresikan diri secara bebas. Namun, disini bukan berarti kita bebas bersikap sampai kebablasan ya..!


3. Merdeka Itu Kalau Udah Kelar Kuliah

 



(ilustrasi gambar: http://tribunnews.com )

Bukan rahasia lagi bahwa lika-liku perkuliahan merupakan hal yang cukup ‘menyiksa’ namun harus dijalani. Dan ketika para mahasiswa telah dinyatakan lulus dan diwisuda, disitulah para mahasiswa merasa merdeka dari tugas-tugas perkuliahan, ancaman dari dosen killer, dan hal lain sebagainya.

4. Merdeka Itu Kalau Sudah Bisa Hidup Mandiri



 






                                                   (ilustrasi gambar : http://www.mazayatips.com )

Ketika, kita sudah bisa hidup sendiri, punya penghasilan sendiri, ditambah jauh dari orang tua. Pada saat itu juga kita bisa mengatur hidup kita sendiri tanpa campur tangan orang lain, termasuk orang tua kita. Pada saat mereka telah bisa melakukan segala sesuatu sendiri sesuai kehendak dan keinginan kita, saat itu juga seseorang merasa dirinya merdeka, terutama merdeka dari aturan orang lain.

5. Merdeka Itu Bisa Terlepas Dari Jeratan dan Kenangan Mantan


                                                          
(Ilustrasi gambar : http://www.onsizzle.com )

Yak, walaupun agak terkesan sepele, yang satu ini sangat viral terjadi dikalangan anak muda zaman sekarang. Saat putus cinta, yang terjadi biasanya adalah perasaan sedih yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Saat bersedih, kenangan indah bersama mantan pun mulai menghantui. Hal itu tentunya sangat menyesakkan dada #eaaaaa. Namun, seiring berjalannya waktu perlahan-lahan kenangan itu akan hilang dengan sendirinya. Kita tidak lagi dirundung perasaan sedih dan telah kembali berbahagia. Pada saat itu pula seseorang bisa dikatakan MERDEKA!!

Nah itu tadi beberapa pengertian merdeka dari berbagai pendapat. Bisa disimpulkan bahwa merdeka tidak hanya terbebas dari penjajahan, namun ada beberapa aspek yang mempengaruhi kemerdekaan seseorang. Dari beberapa pendapat diatas, yang mana arti merdeka menurut kalian? (kalau saya sih nomor 4 yang paling ngena :’) )semoga dari beberapa pendapat diaatas bisa mewakili arti merdeka menurut para pembaca sekalian. 

Sekian dari saya, author minta maaf kalau ada beberapa kesalahan dalam penulisan atau ada kata-kata yang menyinggung kalian. :* :* :*
Bye

Tidak ada komentar:

Posting Komentar